Mengenal Inverter, Cara Kerja dan Pengaplikasiannya

Power inverter.jpg

Inverter adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak-balik (AC). Ini berarti inverter dapat mengubah daya yang berasal dari baterai atau sumber DC lainnya menjadi daya yang bisa digunakan oleh perangkat-perangkat elektronik yang membutuhkan listrik AC, seperti peralatan rumah tangga, komputer, atau peralatan industri.

Cara Kerja:

Penyearah (Rectifier): Pada tahap ini, arus listrik AC dari sumber listrik masuk ke inverter dan dikonversi menjadi arus listrik DC.

Pengaturan (Converter): Arus listrik DC yang dihasilkan kemudian diatur dan dimodifikasi sesuai dengan frekuensi dan tegangan yang diinginkan.

Pengubah (Inverter): Arus listrik DC yang sudah diatur dan dimodifikasi tadi kemudian diubah menjadi arus listrik AC dengan menggunakan rangkaian yang sesuai, seperti MOSFETs atau IGBTs.

Pengaplikasian:

Sistem Energi Terbarukan: Inverter digunakan dalam sistem tenaga surya dan turbin angin untuk mengubah listrik DC yang dihasilkan oleh panel surya atau turbin angin menjadi listrik AC yang dapat digunakan di rumah atau bisnis.

Peralatan Listrik di Mobil: Dalam kendaraan listrik, inverter digunakan untuk mengubah daya dari baterai mobil menjadi arus AC yang dibutuhkan untuk mengoperasikan peralatan listrik di dalam mobil.

Sistem Cadangan: Inverter juga digunakan dalam sistem cadangan daya, seperti generator listrik portabel atau sistem UPS (Uninterruptible Power Supply), untuk memberikan daya cadangan saat terjadi pemadaman listrik.

Elektronik Rumah Tangga: Inverter digunakan dalam berbagai perangkat elektronik rumah tangga seperti televisi, kulkas, pompa air, dan lain-lain, untuk mengubah daya listrik DC menjadi AC agar dapat digunakan oleh peralatan tersebut.

Inverter telah menjadi bagian penting dalam banyak aplikasi modern karena kemampuannya untuk mengubah dan mengatur daya listrik sesuai kebutuhan dengan efisiensi tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Kerja Generator DC

Prinsip Kerja Generator 3 Fasa

Perbedaan Antara AC Inverter dan Non Inverter