Inilah Klasifikasi Jenis Jenis Motor Listrik AC 1 Fasa

Motor listrik AC satu fasa adalah motor yang beroperasi dengan menggunakan arus bolak-balik (AC) dan memiliki satu fasa listrik. Berikut adalah klasifikasi jenis-jenis motor listrik AC satu fasa berdasarkan berbagai kriteria:


Berdasarkan Jenis Pembangkitan Medan Magnet:

Motor Induksi (Induction Motor)

Motor induksi satu fasa adalah motor yang paling umum digunakan dalam aplikasi rumah tangga dan komersial. Motor ini menggunakan prinsip induksi elektromagnetik untuk menghasilkan putaran rotor. Motor induksi satu fasa dapat dibagi lagi menjadi:

Motor Induksi Sangkar Tupai (Squirrel Cage Induction Motor)

Rotor terdiri dari sangkar tupai (squirrel cage) yang terbuat dari penggulung konduktif yang dipasang dalam laminasi besi. Rotor tidak memerlukan sumber daya eksternal dan memiliki torsi awal yang rendah.

Motor Induksi Rotor Gulungan (Wound Rotor Induction Motor)

Rotor memiliki gulungan kawat yang terhubung ke slip ring yang memungkinkan kontrol resistif dan memberikan torsi awal yang lebih tinggi.

Berdasarkan Aplikasi:

Motor Kapasitor Awal (Capacitor Start Motor)

Motor ini menggunakan kapasitor tambahan untuk memulai rotor dan kemudian kapasitor dilepas dari sirkuit saat motor mencapai kecepatan operasi. Motor ini cocok untuk aplikasi yang memerlukan torsi awal yang tinggi seperti kompresor dan pompa.

Motor Kapasitor Awal-Terus (Capacitor Start-Run Motor)

Motor ini menggunakan kapasitor untuk memulai rotor dan juga tetap terhubung ke rotor selama operasi normal. Motor ini menawarkan efisiensi yang lebih tinggi dan cocok untuk aplikasi yang memerlukan torsi awal yang tinggi dan efisiensi operasional yang baik seperti pada mesin cuci, kipas angin, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Motor Kapasitor Split-Fasa (Split-Phase Motor)

Motor ini menggunakan pembagi fasa (split-phase) pada winding awal (starting winding) untuk memulai rotor, kemudian winding starting dilepas dari sirkuit saat motor mencapai kecepatan operasi. Motor ini umumnya digunakan dalam aplikasi rumah tangga seperti kipas angin, mesin cuci, dan alat-alat kecil lainnya.

Motor Kapasitor Kecepatan Variabel (Capacitor Variable Speed Motor)

Motor ini menggunakan kapasitor untuk mengatur kecepatan rotor. Motor ini cocok untuk aplikasi yang memerlukan kontrol kecepatan yang presisi seperti pada konveyor, peralatan pertanian, dan mesin industri.

Pemilihan jenis motor listrik AC satu fasa yang tepat tergantung pada kebutuhan spesifik aplikasi, termasuk torsi, kecepatan, dan efisiensi yang diperlukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Kerja Generator DC

Prinsip Kerja Generator 3 Fasa

Perbedaan Antara AC Inverter dan Non Inverter