Klasifikasi Jenis Jenis Motor Listrik DC yang Ada Saat Ini


Motor listrik DC dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa kriteria, seperti jenis konstruksi rotor, metode pengaturan kecepatan, dan sumber daya untuk medan magnet. Berikut adalah klasifikasi umum dari jenis-jenis motor listrik DC berdasarkan berbagai kriteria:

Berdasarkan Konstruksi Rotor:

Motor Seri

Rotor dan medan medan magnetnya terhubung secara seri. Motor seri memiliki torsi awal yang tinggi dan karakteristik kecepatan variabel. Digunakan dalam aplikasi yang memerlukan torsi awal tinggi seperti penggerak traksi pada kendaraan.

Motor Shunt

Rotor dan medan magnetnya terhubung secara paralel. Motor shunt memiliki karakteristik kecepatan konstan dan torsi yang relatif konstan. Digunakan dalam aplikasi di mana kecepatan yang konstan diperlukan, seperti pada penggerak conveyor atau penggerak mesin pabrik.

Motor Kompon

Motor kompon memiliki kombinasi dari dua konfigurasi sebelumnya. Bagian rotor memiliki gulungan belitan yang terhubung secara seri dengan sumber daya DC tetapi memiliki medan magnetik yang disuplai secara independen. Motor ini menawarkan keseimbangan antara torsi awal dan kecepatan konstan.

Berdasarkan Metode Pengaturan Kecepatan:

Motor Tegangan Variabel

Kecepatan motor diatur dengan mengubah tegangan yang diberikan ke motor. Semakin tinggi tegangan, semakin tinggi kecepatan motor (hanya berlaku untuk motor shunt dan kompon).

Motor Arus Variabel

Kecepatan motor diatur dengan mengubah arus yang diberikan ke motor. Semakin tinggi arus, semakin tinggi kecepatan motor (hanya berlaku untuk motor seri).

Motor Tegangan dan Arus Variabel

Mengombinasikan kedua metode di atas untuk mencapai kontrol kecepatan yang lebih luas dan presisi.

Berdasarkan Sumber Daya Medan Magnet:

Motor Listrik DC dengan Medan Magnet Permanent

Medan magnet dihasilkan oleh magnet permanen yang terpasang pada rotor. Motor ini biasanya memiliki konstruksi yang sederhana, torsi awal yang tinggi, dan tidak memerlukan sumber daya eksternal untuk medan magnet.

Motor Listrik DC dengan Medan Magnet Elektromagnetik

Medan magnet dihasilkan oleh gulungan kawat pada rotor yang disuplai dengan arus listrik dari sumber daya eksternal. Motor ini menawarkan kontrol yang lebih baik terhadap medan magnet dan dapat menghasilkan torsi yang lebih besar.

Dengan memahami berbagai jenis motor listrik DC ini, pengguna dapat memilih motor yang paling sesuai dengan kebutuhan aplikasi tertentu, termasuk kecepatan, torsi, dan keandalan yang diperlukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Kerja Generator DC

Prinsip Kerja Generator 3 Fasa

Perbedaan Antara AC Inverter dan Non Inverter